Berbagai Jenis Makanan Sehat yang Bisa kamu Konsumsi

Makan sehat merupakan berbagai makanan yang memberi nutrisi yang kita butuhkan untuk menjaga kesehatan dan memiliki energi. Nutrisi ini termasuk protein, karbohidrat, lemak, air, vitamin, dan mineral.

Nutrisi penting untuk semua orang. Ketika dikombinasikan dengan olahraga rutin akan mempertahankan berat badan yang sehat, dengan mengonsumsi makanan sehat adalah cara terbaik untuk membantu tubuh kamu tetap kuat dan sehat.

Jenis Makanan Sehat

Kita bisa mengkonsumsi beragam jenis makanan sehat, tanpa harus berpatokan pada satu jenis saja. Mengonsumsi berbagai macam makanan bisa memberikan nutrisi yang berbeda, sehingga gizi yang dibutuhkan tubuh kita bisa terlengkapi dengan baik.

Makanan sehat seharusnya memiliki berbagai kandungan nutrisi dalam jumlah yang tepat, termasuk mineral, protein, dan vitamin. Makan sehat bisa di peroleh dari berbagai sumber seperti buah-buahan, sayuran, Telur, daging dan lainnya.

Adapun sumber makanan sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi berbagai macam makanan di antaranya:

#1. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu makanan sehat
Buah-buahan

Buah adalah makanan kesehatan paling populer di dunia. Makanan manis dan bergizi ini sangat mudah ditemukan dan mengandung berbagai macam vitamin yang dibutuhkan tubuh.

1. Apel

Apel kaya akan serat, vitamin C, dan mengandung banyak anti-oksidan yang bisa menjaga agar tubuh tetap sehat selain itu juga kamu bisa gunakan untuk memutihkan gigi dengan apel.

2. Alpukat

Alpukat berbeda dari kebanyakan buah lainnya karena mengandung lemak sehat, bukan karbohidrat. Tidak hanya itu saja alpukat juga tinggi akan serat, kalium, dan vitamin C.

3. Pisang

Pisang adalah salah satu sumber kalium terbaik. Pisang juga tinggi vitamin B6 dan serat, juga mudah didapatkan.

4. Blueberry

Blueberry tidak hanya lezat tetapi juga salah satu sumber antioksidan paling tinggi.

5. Jeruk

Jeruk terkenal karena kandungan vitamin C-nya. Terlebih lagi, jeruk tinggi serat dan antioksidan.

6. Stroberi

Stroberi sangat bergizi dan rendah karbohidrat dan kalori juga vitamin C, dan serat. Bisa dibilang stroberi adalah makanan paling enak yang ada.

7. Buah sehat lainnya

Buah kesehatan lainnya termasuk ceri, anggur, buah kiwi, lemon , mangga, melon, zaitun, persik, pir, dan nanas.

#2. Sayuran

Sayuran adalah makanan sehat dan kaya akan gizi
Sayuran

Sayuran mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium yang bagus untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Ada berbagai macam sayuran terbaik yang bisa kamu konsumsi setiap harinya.

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang rasanya enak baik di konsumsi langsung maupun dimasak terlebih dulu. brokoli kaya serat, vitamin C dan K yang sangat baik dan mengandung jumlah protein yang layak dibandingkan dengan sayuran lainnya.

2. Wortel

Wortel adalah sayuran akar yang populer. sangat renyah dan sumberdaya nutrisi seperti serat dan vitamin K.

Wortel juga sangat tinggi antioksidan dan karoten, yang memiliki banyak manfaat.

3. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran yang sangat serbaguna. Ini dapat digunakan untuk membuat banyak hidangan sehat dan juga memiliki rasa enak.

4. Tomat

Tomat biasanya dikategorikan sebagai sayuran, meskipun secara teknis buah . Tomat sumber nutrisi seperti kalium dan vitamin C.

5.Sayuran sehat lainnya

Sayuran lainnya yang layak disebut makanan sehat diantaranya kubis, kol, seledri, terong, daun bawang, selada, jamur, lobak, dan labu.

#3. Daging dan Telur

Daging dan telur termasuk makanan yang sehat
Daging dan Telur

Daging dan Telur merupakan salah satu makanan paling bergizi yang bisa kamu makan.

1. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber protein terbaik yang ada dan mengandung banyak zat besi .

2. Dada ayam

Dada ayam rendah lemak dan kalori tetapi sangat tinggi protein. Ini adalah sumber nutrisi yang bagus.

3. Domba

Daging domba banyak mengandung asam lemak omega-3.

4. Telur

Sumber makanan yang paling bergizi yakni telur. Karena telur memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, yaitu protein dengan kandungan asam amino essensiaI dan non essensial lengkap, vitamin, mineraI, dan lemak tak jenuh.

#4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Meskipun tinggi lemak dan kalori, kacang-kacangan dan biji-bijian, tetapi mengandung nutrisi penting yang banyak orang tidak dapatkan dari makanan sehat lainnya, termasuk magnesium dan vitamin E.

1. Almond

Kacang almond adalah kacang populer yang menyimpan vitamin E, antioksidan, magnesium, dan serat. Studi menunjukkan bahwa almond dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh. Pantas saja kacang almond termasuk makanan sehat.

2. Kacang tanah

Kacang tanah kaya nutrisi dan antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

Namun, jangan khawatir dengan selai kacang , karena sangat tinggi kalori dan mudah makan berlebihan.

3. Kenari

Kacang kenari sangat bergizi dan sarat dengan serat dan berbagai vitamin dan mineral.

4. Kacang hijau

Kacang hijau, juga disebut kacang panjang, adalah varietas mentah dari kacang biasa. Mereka sangat populer di negara-negara Barat.

5. Kacang merah

Kacang merah mengandung serat dan berbagai vitamin dan mineral. Pastikan untuk memasaknya dengan benar, karena beracun saat mentah.

6. Beras merah

Beras adalah salah satu biji-bijian sereal paling populer dan saat ini menjadi makanan pokok bagi lebih dari setengah populasi dunia. Beras merah cukup bergizi, dengan jumlah serat, vitamin B1, dan magnesium yang cukup.

7. Oat

Oat sangat sehat karena didalamnya terdapat nutrisi dan serat kuat yang disebut beta glukan, yang memberikan banyak manfaat.

#5. Ikan dan makanan laut

Ikan dan makanan laut lainnya merpuakan makanan sehat yang cenderung sangat sehat dan bergizi .

Terutama kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium,di mana kebanyakan orang kekurangan dua nutrisi ini.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan makanan laut dalam jumlah tertinggi terutama ikan cenderung hidup lebih lama dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, demensia, dan depresi.

1. Salmon

Salmon adalah jenis ikan berminyak yang sangat populer karena rasanya yang enak dan nutrisi yang tinggi, termasuk protein dan asam lemak omega-3. Hal ini juga berisi beberapa vitamin D .

2. Kerang

Kerang-kerangan memiliki peringkat yang mirip dengan daging organ dalam hal kepadatan nutrisi. Kerang yang bisa dimakan termasuk kerang, moluska, dan tiram.

3. Udang

Udang adalah jenis krustasea yang mirip dengan kepiting dan lobster tergolong makanan sehat. Udang cenderung rendah lemak dan kalori tetapi tinggi protein. Ini juga sarat dengan berbagai nutrisi lain, termasuk selenium dan vitamin B12.

4. Tuna

Tuna sangat populer di negara-negara Barat dan cenderung rendah lemak dan kalori sementara tinggi protein.Ikan tuna sempurna untuk orang yang perlu menambahkan lebih banyak protein ke dalam diet mereka tetapi tetap rendah kalori.

#6. Produk Susu

Olah susu seperti keju dan yogurt baik untuk kesehatan tubuh
Susu dan keju

Produk susu adalah sumber sehat berbagai nutrisi penting.

Susu penuh lemak tampaknya menjadi yang terbaik, dan penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi susu penuh lemak memiliki risiko lebih rendah mengalami obesitas dan diabetes tipe 2.

Jika susu berasal dari sapi yang diberi makan rumput, mungkin lebih bergizi - karena lebih tinggi dalam beberapa asam lemak bioaktif seperti asam linoleat terkonjugasi dan vitamin K2.

1. Keju

Keju sangat bergizi dan merupakan makanan sehat, karena satu irisan dapat menawarkan jumlah nutrisi yang sama dengan satu cangkir (240 ml) susu. Bagi banyak orang, ini juga salah satu makanan paling enak yang bisa kamu makan.

2. Susu murni

Susu murni mengandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas tinggi, dan lemak sehat. Terlebih lagi, itu adalah salah satu sumber kalsium makanan terbaik.

3. Yogurt

Yogurt terbuat dari susu yang difermentasi dengan menambahkan bakteri sehat ke dalamnya. Ini memiliki banyak efek kesehatan yang sama seperti susu, tetapi yogurt dengan kultur hidup memiliki manfaat tambahan dari bakteri probiotik yang ramah.

Menjaga kesehatan tubuh bukanIah hal yang sulit, selama kita menjaga pola makan dan asupan gizi agar tubuh tidak kekurangan nutrisi dan bisa tetap energik untuk melakukan semua aktivitas sehari-hari. Untuk itu kami bisa mencoba mengonsumsi makanan sehat di atas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berbagai Jenis Makanan Sehat yang Bisa kamu Konsumsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel